pembuatan nugget udang bayam



BAB I
PENDAHULUAN
A.        LATAR BELAKANG
Salah satu cara untuk mengurangi atau mengatasi terjadinya pembusukan bayam yaitu mengolahnya menjadi makanan atau lauk seperti nugget. Nugget merupakan salah satu produk olahan restructured meat yaitu memanfaatkan potongan daging yang relatif lebih kecil dan tidak beraturan, kemudian dilekatkan kembali menjadi lebih besar menjadi suatu produk olahan (Amertaningtyas, 2000). Keuntungan restructured meat adalah dapat memakai daging kualitas rendah sehingga dapat menambah nilai daging kualitas rendah, harganya lebih murah, mengurangi cooking loss, dan dapat dibentuk sesuai selera.
Nugget kini menjadi makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat, dari hari kehari peminat nugget makin bertambah bukan hanya dikota besar tetapi makanan ini sudah merambah ke daerah-daerah.

B.         RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah di kemukakan , maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengolahan nugget udang bayam itu bisa bermanfaat bagi masyarakat utamanya anak-anak.

C.         TUJUAN MASALAH
Untuk mengetahui pentingnnya manfaat nugget udang bayam bagi masyarakat utamanya anak-anak.
 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.        NUGGET
Nugget adalah suatu bentuk produk olahan daging yang terbuat dari daging giling yang dicetak dalam bentuk potongan empat persegi dan dilapisi dengan tepung berbumbu (battered dan braded) (Maghfiroh, 2000). Nugget dikonsumsi setelah proses penggorengan rendam (deep fat frying) (Saleh et al, 2002). Nugget dibuat dari daging giling yang diberi bumbu, dicampur bahan pengikat, kemudian dicetak membentuk tertentu, dikukus, dipotong dan dilumuri perekat tepung (batter) dan diselimuti tepung roti (breading). Nugget digoreng setengah matang dan dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan (Astawan, 2007). Nugget merupakan salah satu bentuk produk makanan beku siap saji, yaitu produk yang telah mengalami pemanasan sampai setengah matang (precooked), kemudian dibekukan (Afrisanti, 2010). Produk beku siap saji ini hanya memerlukan waktu penggorengan selama 1 menit pada suhu 150º C. Tekstur nugget tergantung dari bahan asalnya (Astawan, 2007).
Nugget merupakan salah satu produk olahan restructured meat yaitu memanfaatkan potongan daging yang relatif lebih kecil dan tidak beraturan, kemudian dilekatkan kembali menjadi lebih besar menjadi suatu produk olahan (Amertaningtyas, 2000). Keuntungan restructured meat adalah dapat memakai daging kualitas rendah sehingga dapat menambah nilai daging kualitas rendah, harganya lebih murah, mengurangi cooking loss, dan dapat dibentuk sesuai selera.
Menurut Berry (1994), adonan daging yang terbentuk merupakan emulsi yang kemudian dicetak menjadi nugget, dilumuri putih telur, dan tepung roti, digoreng secara flash fried atau fully cooked dan dibekukan. Nugget biasanya mengandung 20% lemak, batter, breader, dan digoreng dengan metode deep fat frying. Salah satu karakteristik nugget adalah enrobed products yaitu produk yang menggunakan pelapis (batter dan breader). Biasanya dalam pembuatan nugget digunakan putih telur dan tepung panir sebagai pelapis. Pemilihan jenis tepung panir berdasarkan kenampakan produk, warna, kerenyahan, cita rasa, juiceness, nilai nutrisi dan sifat adhesif dari coating serta faktor keamanan mikrobiologis. Komposisi tepung panir mempengaruhi kenampakan, terbentuknya warna coklat melalui reaksi Maillard dan keseluruhan penampilan enrobed produk. Hal ini juga dipengaruhi waktu dan suhu pemasakan, serta karakteristik minyak penggoreng (Mead, 1989).

B.      BAYAM
Bayam adalah sayuran hijau yang luas dalam distribusi. dapat ditanam sebagai tanaman halaman belakang atau dibeli di pasar dengan harga terjangkau. Sayur bayam banyak mengadung vitamin seperti folat, niasin, vitamin A , B6, C dan jejak sisa vitamin. Elemen penting Sayur bayam lainnya, termasuk tiamin dan riboflavin, yang digunakan dalam berbagai reaksi di dalam tubuh kita juga ditemukan dalam bayam. Bayam kaya akan pigmen seperti beta karoten, lutein dan xanthene dan klorofilin dll. Bagian yang terbaik adalah memiliki kandungan lemak yang rendah dan jumlah kurang dari konten lemak.
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat Besi yang penting.
Sayur bayam merupakan masakan murah meriah namun memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan zat yang terdapat dalam sayur bayam ini sangat berkhasiat buat tubuh manusia. Ada dua macam jenis sayur bayam yaitu bayam hijau dan bayam merah. Sayur bayam hijau misalnya, bayam berwarna hijau sangat kaya kandungan vitamin A, vitamin C, E juga zat besi misalnya fosforus, magnasium mangan, zink, sodium potasium, bayam juga kaya akan kandungan zat mineral misalnya kalsium, kalium serta Beta Karotena.
Komposisi zat gizi bayam per 100 g Bahan
No
Zat Gizi
Bayam Hijau
Bayam merah
1
Kalori
36kal
51kal
2
Karbohidrat
6,5g
1,0g
3
Lemak
0,5g
0,5g
4
Protein
3,5g
4,6g
5
Kalsium
265mg
368mg
6
Fosfor
67mg
11,1mg
7
Besi
3,9mg
2,2mg
8
Vitamin A
6090SI
5800SI
9
Vitamin B1
0,08mg
0,08mg
10
Vitamin C
80mg
80mg
11
Air
86,9mg
82,0g
Sumber : Daftar komposisi bahan makanan, Depkes 1980
Karena memiliki banyak zat yang sangat bermanfaat buat tubuh manusia, bayam sangat baik di konsumsi dipercayai memberi khasiatdan di ebrikan kepada anak, ibu yang sedang menyusui serta buat orang yang sedang mengalami demam panas, akibat kurang darah, oarang yang mengalami pendarahan serta mereka yang sedang menghadapi masalah ginjal. Sayur bayam tua jika direbus kemudian diminum akan berkhasiat memperbaiki kualitas penglihatan serta untuk memperkuat fungsi hati.
*            Manfaat Vitamin A pada bayam
Vitamin A yang berupa retinal akan menyatu dengan opsin (suatu protein) dan membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen penglihatan. Vitamin A juga dapat membantu limposit yaitu salah satu tipe sel darah putih yang fungsinya agar lebih efektif untuk melawan infeksi atau antibody. Selain itu juga berguna untuk memelihara kesehatan pada sel-sel epitel yang terdapat pada saluran pernapasan. Khasita lainnya adalah untuk memicu pertumbuhan. kemudian untuk menangkal radikal bebas serta untuk membentuk dan juga memelihara pertumbuhan pada tulang serta gigi. Manfaat lainnya adalah ntuk menjaga kesehatan pada kulit dan rambut. Disamping itu juga untuk mendukung proses reproduksi.
*            Manfaat Vitamin C Pada Bayam
Kandungan vitamin C pada bayam jika dalam jumlah yang tepat dan teratur, memiliki khasiat untuk menghambat terjadinya proses penuaan dini, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, serta untuk menghambat kinerja enzim tirosinase yaitu enzim yang tugasnya untuk membantu pembentukan pigmen pada kulit. Apabila proses pigmentasi ini terhambat maka kulit pun akan tampak terlihat lebih bersih serta cerah.

*            Manfaat Khasiat Vitamin E Pada Bayam
Vitamin E ini berkhasiat sebagai vitamin antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat terjadinya radikal bebas. Fungsinya adalah untuk mengurangi resiko jika terjadi pembekuan darah, untuk mencairkan darah beku, untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, untuk menguatkan dinding yang ada pada pembuluh darah kapiler, untuk meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, untuk mengurangi kadar zat gula darah, berkahsiat juga untuk memperbaiki kerja insulin, dan untuk meningkatkan kekuatan otot serta stamina.
*            Kandungan Zat Besi Pada Sayur Bayam
Zat besi memiliki peran sangat vital bagi tubuh manusaia. Salah satu fungsi yang utama adalah sebagai transportasi ketika mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu zat besi juga dapat berperan untuk memproduksi hemoglobin dan untuk menyokong sistem kekebalan pada tubuh manusaia. Jadi apabila tubuh manusia kekurangan zat besi, akan mudah kena resiko terserang penyakit.
*            Zat mineral Pada Bayam
Zat mineral yang terdapat pada sayur bayam sangat bermanfaat untuk membangun tulang dan juga gigi, impul saraf, untuk kinerja jantung, serta sebagai pembekuan darah yang benar. Juga untuk mendukung struktur tulang, hati, untuk menjaga keseimbangan alkalin pada tubuh. untuk menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, serta impul saraf. Selain itu juga untuk memaksimalkan membran sel, sangat penting untuk ritme jantung.

C.      UDANG
Udang memiliki sifat nocturnal. Secara sederhana mahluk nocturnal adalah mahluk yang aktif melakukan aktifitas kehidupannya di malam hari. Sebagai makhluk nocturnal, tentu saja udang lebih aktif dalam melakukan aktifitas hidupnya dimalam hari dibandingkan pada siang hari.
Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dalam Bahasa Banjar disebut hundang.
Kandaungan Gizi Dalam 100 Gram UDANG

·            Energi: 90 kal
·            Protein: 21 g
·            Lemak: 0,2 g
·            Karbohidrat: 0,1 g
·            Kalsium: 136 mg
·            Fosfor: 170 mg
·            Zat Besi: 8 mg
·            Vitamin A: 60 Si
·            Vitamin B: 0,01 mg
·            Vitamin C: 0
·            Air: 75 g

Sama seperti makanan laut lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi. Makanan yang bahan utamanya udang merupakan sumber kolestrol sebagai tambahan, udang mengalami metamorfosis sempurna.
Manfaat Udang adalah sebagai berikut :
1.      Mencegah kanker
Setiap 85 gram udang kukus dapat mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat. Para peneliti di Institute of Food Research(IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphanedan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat. Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.
2.      Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku
Shampo dan perlembab kulit yang paling mahal sekalipun tak akan berguna bagi rambut dan kulit Anda tanpa asupan protein yang cukup. Protein merupakan bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan udang adalah sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut. Kadar kalorinya pun cukup rendah sehingga sangat cocok dengan diet yang Anda jalankan.
3.      Mencegah anemia
Udang mengandung 21 persen vitamin B12, yang merupakan nutrisi penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia. Vitamin B12 itu juga membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Hal ini akan membuat metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna.
4.      Meningkatkan energi
Kelelahan dan merasa lemas? Gejala tersebut merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Udang sangat kaya kandungan zat besinya. Dengan mengkonsumsi udang, maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi. Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih karena kalori yang dikandungnya tidak tinggi.
5.      Menguatkan tulang
Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor adalah dua zat yang akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung ‘glucosamine’ yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.
6.      Membantu memproses lemak
Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang dapat membantu memproses lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.
7.      Mengurangi resiko depresi
Sama seperti ikan, udang juga mengandung asam lemak esensial, omega-3. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan suasana hati untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.
8.      Menyehatkan saluran prostat
Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 10-15 mg setiap harinya. Dengan memakan udang, kebutuhan tubuh akan zat tersebut akan terpenuhi. Dan, dengan terpenuhinya zinc dalam tubuh kita, maka pertumbuhan sel kanker prostat akan diperlambat.
9.      Menjaga kesehatan kelenjar tiroid
Udang dapat berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang dimilikinya. Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik.
10.  Menstabilkan kadar gula dalam darah
Makanan laut yang nikmat ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Studi terbaru menyatakan bahwa magnesium dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes tipe kedua.


BAB III
METODE PENELITIAN

A.               WAKTU PENELITIAN
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober – 30 Oktober 2012.

B.               ALAT DAN BAHAN
·         Alat :
-          Baskom
-          Kompor
-          Pisau
-          Loyang
-          Wajan
·         Bahan :
-          Bayam
-          Udang
-          Merica
-          Wortel
-          Gula pasir
-          Santan
-          Tepung Sagu
-          Garam
-          Bawang Merah
-          Bawang Putih
-          Saos tomat
-          Telur
-          Jahe
-          Tepung Roti
-          Minyak Goreng

C.            PROSEDUR KERJA
 
*         Bahan resep nugget sayur bayam:
·         100 gram bayam, haluskan
·         100 gram udang, haluskan
·         50 gram wortel, parut
·         1 sendok teh merica halus
·         1 sendok teh gula pasir
·         100 milliliter santan
·         50 gram tepung sagu
·         2 sendok teh garam
·         3 butir bawang merah
·         1 siung bawang putih
·         1 sendok teh parutan jahe
·         2 butir telur
·         Saus tomat
*         Bahan pelapis nugget sayur bayam:
·         100 gram tepung roti
·         1 butir telur
·         Minyak goreng

*         Cara membuat nugget sayur bayam:
·            Campur bayam, udang dan wortel yang sudah dihaluskan dengan santan, telur, tepung sagu, garam, merica, dan gula pasir, aduk rata.
·        Tambahkan parutan jahe, bawang merah, bawah putih yang sudah dihaluskan, lalu aduk hingga rata.
·        Olesi loyang dengan minyak goreng, tuangkan adonan nugget sayur kemudian kukus selama 20 menit, setelah itu adonan diangkat dan dinginkan.
·       Potong adonan sesuai selera, celupkan ke dalam telur kocok dan lumuri dengan tepung roti. Simpan di dalam lemari es selama 2 jam.
     Setelah disimpan di lemari es, lalu goreng nugget sayur hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan. Nugget sayur bayam ini dapat disajikan bersama kentang goreng dan saus tomat.


BAB IV
PEMBAHASAN
Indonesia dengan keragaman SDA yang dimilikinya bisa dirubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tinggi. Potensi beberapa bahan makanan terutama sayuran sangat banyak dimanfaatkan, bisa di jadikan berbagai macam makanan olahan yang super lezat dan bergizi.
Metode penjualan makan di tengah kalangan anak-anak sangat banyak ragamnya saat ini. Seperti gorengan, makanan kemasan, asinan, dan lain sebagainya. Kebanyakan sangat membahayakan bagi kesehatan anak. Membuat nugget dengan bahan dasar sayur pilihan dan dengan tampilan dan bentuk yang lucu bisa membuat anak-anak menyukainya. Bukan hanya anak-anak, bagi remaja dan dewasa. Selain terjangkau makanan ini juga menyehatkan. Bukan tidak mungkin juka makanan ini akan menembus pasar makanan lokal maupun mengalahkan asing.
Banyaknya penyakit aneh yang bermunculan di sekitar masyarakat membuat masyarakat lebih waspada bahaya dari penyakit tersebut. Kesadaran akan bahayanya penyakit ditunjukan dengan semakin meningkatnya konsumsi makanan yang bergizi dan berserat seperti sayuran. Dengan demikian diperlukan sebuah kreativitas dari produsen pangan untuk menciptakan makanan yang diinginkan oleh konsumen tersebut. Oleh karena itu kami menciptakan suatu kreativitas nugget sayur yang dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh.
Produk pangan ini kita namakan “Nusar” nugget sayur. Nugget ini kita buat dengan memadukan adonan dasar nugget dengan sayuran seperti wortel dan bayam. Seperti kita ketahui bahwa udang mempunyai kandungan asam amino, vitamin dan mineral. Bahan untuk penambah vitamin dan serat seperti bayam, wortel. Dengan bebagai manfaat dari nugget sayur ini di harapkan dapat memberi energi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.     KESIMPULAN
Nugget merupakan salah satu produk olahan restructured meat yaitu memanfaatkan potongan daging yang relatif lebih kecil dan tidak beraturan, kemudian dilekatkan kembali menjadi lebih besar menjadi suatu produk olahan (Amertaningtyas, 2000). Keuntungan restructured meat adalah dapat memakai daging kualitas rendah sehingga dapat menambah nilai daging kualitas rendah, harganya lebih murah, mengurangi cooking loss, dan dapat dibentuk sesuai selera.
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat Besi yang penting.
Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Dalam Bahasa Banjar disebut hundang.
Produk pangan ini kita namakan “Nusar” nugget sayur. Nugget ini kita buat dengan memadukan adonan dasar nugget dengan sayuran seperti wortel dan bayam. Seperti kita ketahui bahwa udang mempunyai kandungan asam amino, vitamin dan mineral. Bahan untuk penambah vitamin dan serat seperti bayam, wortel. Dengan bebagai manfaat dari nugget sayur ini di harapkan dapat memberi energi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
B.      SARAN
Dengan bebagai manfaat dari nugget sayur ini di harapkan dapat memberi energi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

DAFTAR PUSTAKA
Anonym.2011.Bayam Adalah Sayuran Hijau.Online(http://www.scribd.com/doc/96810714/Bayam-Adalah-Sayuran-Hijau-Yang-Luas-Dalam-Distribusi). Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Anonym.2011.Udang adalah mahluk nocturnal.Online(http://marindro-ina.blogspot.com/2011/06/udang-adalah-mahluk-nocturnal.html). Diakses Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Wikipedia.2009.Udang.Online(http://id.wikipedia.org/wiki/Udang). Diakses Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Mustikasari Mentari.2012.Manfaat Sayur Bayam.Online(http://vegetalong.blogspot.com/2012/05/manfaat-sayur-bayam.html). Diakses Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Mustikasari Mentari.2012.Manfaat Sayur Udang.Online(http://vegetalong.blogspot.com/2012/05/manfaat-udang.html
). Diakses Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Anonym.2011.Manfaat sayur hijau da bayam.Online(http://indonesia-liek.blogspot.com). Diakses Di akses Minggu 14 Oktober 2012
Rismayanti.2011.Tugas Akhir Study Kelayakan Usaha Pengolahan Ikan Gabus Menjadi Nugget Ikan Gabus Di Kabupaten Wajo. Akademi Teknik Industri Makassar.Makassar

0 komentar:

Posting Komentar