Minggu, 27 Januari 2013

motivasi kuliah



“UNTUK APA KAMU KULIAH??”

Mungkin Ada kebanggan tersendiri saat  kamu menjadi seorang mahasiswa. Kamu akan merasa bangga ketika identitas kamu yang sebelumnya dipanggil siswa, kini telah di panggil seorang mahasiswa. Jika ada yang bertanya padamu “apa itu itu mahasiswa?” kamu cukup menjawab bahwa mahasiswa adalah orang yang terdaftar di perguruan tinggi dan sedang mengikuti semester berjalan serta sadar akan hak dan tanggungjawabnya. Cukup simple kan..?
Setelah menjadi mahasiswa, kamu akan melakukan aktivitas perkuliahan. Kuliah adalah jenis aktivitas yang sama dengan “sekolah”, “bersantai”, “makan”, dan seterusnya. Jadi, untuk apa kamu kuliah? Itulah pertanyaan yang akan kita jawab nantinya. Ada yang mendaftar di PT karena mengikuti arus, dia melihat teman-temannya mendaftar lalu dia ikut juga. Karena gengsi atau karena mau di samakan statusnya dengan temannya yang lain. Ada yang kuliah karena ingin cari jodoh (tidak bisa dipungkiri). Jarang sekali yang kuliah dengan tujuan mulia seperti yang seharusnya.
Menjadi mahasiswa berarti menempati posisi tertentu yang berbeda dari yang sebelumnya. Ada banyak julukan bagi mahasiswa, seperti “bukan pelajar lagi”, agent of social change(agen perubah social)”, “tukang demostrasi”, dan sebagainya. Sejumlah julukan itu menuntut tindakan tertentu. Maksudnya, julukan-julukan itu “memaksa” kamu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.
Namun ada juga yang kuliah karena sadar akan masa depannya. Namun, berbicara mengenai tujuanmu kuliah, coba kamu liahat matahari!!! Ia memiliki cahaya begitu kuat, selain menerangi dirinya sendiri, ia mampu menerangi sekitarnya. Manusia bisa menjadi cahaya jika dia mampu memaksimalkan segala potensinya.
Jadi mahasiswa adalah saat untuk mengasah diri menjadi cahaya setahap demi setahap. Awalnya kamu adalah lilin yang menerangi orang lain sambil mengorbankan dirimu sendiri. Kemudian kamu menjadi bulan yang mencahayai orang lain setelah menyerap cahaya dari matahari(sumber cahaya). Secara perlahan kamu akan menjadi matahari bila kamu menghasilkan cahaya sendiri dan mau berbagi dengan orang lain.
Menjadi cahaya dapat menjadi tujuan dari semua perjalanan perkuliahan. Kamu harus melibatkan orang banyak dalam cita-citamu itu. Agar orang lain dapat membantumu secara maksimal, maka satu-satunya cara adalah melibatkan mereka ke dalam rencana bahagiamu itu, cita-citamu. Jadi, jika ada yang bertanya “untuk apa kamu kuliah?”, maka jawablah, kamu kuliah untuk menuju cahaya itu.

1 komentar:

  1. mantep bro..
    moga bisa memotivasiku yg lagi males2nya kuliah..
    :)

    BalasHapus